Buku merupakan Sarana Utama dalam pembelajaran. Ada banyak media
yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran selain buku siswa,
seperti alat peraga, lembaran Kerja, modul dan lainnya. Namun
Keberadaan buku siswa dan buku guru tetap sangat penting, karena Seiring dengan perubahan dan revisi kurikulum, saat ini telah diterbikan
Buku guru dan buku Siswa Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun
2018.
Buku Siswa mata pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun
2018 merupakan buku edisi revisi yang sudah disesuaikan dengan
Silabus dan KI dan KD terbaru sesuai permendikbud tahun 2016.
Sebelum Admin memberikan link download Buku guru Mata pelajaran
Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018 dan Buku Siswa mata
pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Berikut sedikit
penjelasan terkait Buku Guru dan Buku Siswa dalam Kurikulum 2013.
Buku Teks Pelajaran disusun berdasarkan KI dan KD pada setiap
jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata
pelajaran. Buku Teks Pelajaran yang terdiri atas “Buku Siswa” dan “Buku
Guru” digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks
Pelajaran, penulis akan mencantumkan KI dan KD berdasarkan dokumen
KI dan KD Kurikulum 2013.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) merupakan penanda
pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat
diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Selanjutnya dikembangkan menjadi materi pelajaran. Dalam uraian
materi pembelajaran pada setiap sub-bab dapat dicermati sajian
pengetahuan yang berupa fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi
pada Buku Siswa.
Materi jenis pengetahuan faktual merupakan pengetahuan teknis dan
spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Materi jenis pengetahuan konseptual merupakan terminologi/istilah
dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, dan teori yang
digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat
sederhana berkenaan dengan masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. Materi jenis
pengetahuan prosedural merupakan pengetahuan tentang cara
melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan kegiatan
teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Materi jenis pengetahuan metakognisi merupakan pengetahuan
tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan mengunakannya dalam
mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana
berkenaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
materi dalam buku di SMP/MTs memperhatikan:
a. perkembangan psikologis anak;
b. lingkup dan kedalaman;
c. kesinambungan;
d. fungsi satuan pendidikan; dan
e. lingkungan
1. Buku Siswa
Buku Siswa yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki ketentuan sebagai
berikut.
a. Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas
pembelajaran.
b. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam
buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru
dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah
kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru,
dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan
dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta
didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang
dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin
memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di
lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan
kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi
peserta didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian
soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan
tugas tersebut peserta didik tidak terpancang pada ruang yang
diberikan. Bahkan, peserta didik dapat menuliskannya pada buku
tugas
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi
kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada
setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan
siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan
soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai
dengan memahami bagian pengantar bab atau sub-bab, melakukan
kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan
memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku.
Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam
pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji
pemahaman konsep secara individual.
Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk
penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan
informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku
siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika
guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi
sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran,
guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau
media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran
yang dipilih guru.
Berikut Link Download Buku Guru Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi
tahun 2018
Link Download Buku Guru (DISINI)
Berikut Link Download Buku Siswa Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi
tahun 2018
Link Download Buku Siswa (DISINI)
Demikian informasi tentang download Buku Siswa Prakarya Kelas 9
(IX) edisi revisi tahun 2018 dan download Buku Siswa Prakarya
Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Semoga bermanfaat, selamat
belajar bagi siswa SMP Kelas 9. Terima kasih.