-->

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat – Di zaman yang sudah serba canggih ini, jangan hanya mengandalkan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anda juga perlu mempelajari bahasa asing, utamanya bahasa Inggris. Bahasa internasional dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya, saat harus meeting dengan klien, presentasi, bahkan interview kerja.


Sebenarnya, belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang Anda kira. Dengan menerapkan 7 tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat ini, Anda bisa semakin meningkatkan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu gugup apalagi takut ketika harus berbicara bahasa Inggris dengan orang lain. 

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat


1 Menonton film tanpa subtitle 
Sudah menonton Ant-Man and the Wasp, Incredibles 2, atau Skyscraper di bioskop? Ya, ini saat yang tepat untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.

Bila biasanya Anda selalu menggunakan subtitle untuk lebih memahami percakapan tokoh-tokohnya, mengapa tidak mencoba untuk menonaktifkan subtitle dan mencerna sendiri apa yang mereka bicarakan?

2 Membuat kamus berisi kosakata 

Apabila ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak Anda mengerti, buatlah kamus Anda sendiri. Bila perlu, tulislah definisi dari kata tersebut dalam bahasa Inggris juga sehingga pemahaman Anda akan bertambah lebih banyak.

Anda bisa membuat kamus tersebut di notes ponsel atau di notebook Anda sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

3 Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan menghafal liriknya 
“Don’t want to close my eyes. I don’t want to fall asleep ‘cause I’d miss you baby and I don’t want to miss a thing.” Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang Anda sukai. Putar berulang kali. Hafalkan liriknya. Bila perlu, terjemahkan kata-kata yang tidak dimengerti sehingga kosakata Anda bertambah.

4 Rajin-rajin berbicara dengan orang asing 

Ajak keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun untuk berbicara bahasa Inggris di keseharian. Ini merupakan salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Ingat, practice makes perfect. Dengan terus-menerus berlatih, Anda akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa ini. Tidak hanya menonjolkan aspek speaking, tapi juga listening. 
Di sisi lain, Anda juga bisa mencoba untuk chatting dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa memulai percakapan dengan “Hi, how are you?” lalu berdiskusilah tentang hal-hal yang disukai agar obrolan bisa lebih mengalir.

Atau, posting foto di media sosial dengan caption-nya dalam bahasa Inggris juga bisa sangat membantu!

5 Belajar sendiri lewat video di YouTube atau Podcast 
Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Akseslah berbagai video atau podcast yang bisa membantu Anda memperdalam kemampuan berbahasa asing.
Di YouTube, Anda bisa belajar soal bahasa Inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan seterusnya. Enaknya, video-video tersebut bisa diakses gratis! Oh ya, bermain game dengan bahasa Inggris juga bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa asing, lho!

6 Membaca buku atau menulis 
Membaca buku atau menulis bisa menjadi salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Nah, bila biasanya suka membaca buku berbahasa Indonesia, coba deh sekali-sekali membaca buku berbahasa Inggris.
Suka menulis? Yuk, coba membuat tulisan dalam bahasa Inggris, lalu minta teman Anda untuk mengecek soal grammar, struktur penulisan, pengejaan, dan sebagainya.

Ada yang masih keliru? Tidak masalah, namanya juga masih belajar. Yang penting, Anda sudah memiliki rasa percaya diri dulu!

7 Kursus bahasa Inggris 
Sudah menerapkan cara-cara di atas tetapi belum sepenuhnya percaya diri? Mungkin, mengikuti kursus bahasa Inggris di lembaga pendidikan non-formal menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengikuti kursus, jadwal Anda untuk belajar akan lebih teratur sehingga Anda bisa lebih disiplin dalam menimba ilmu. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat, ada dua lembaga kursus yang bisa dipilih. Kami sangat merekomendasikan English First dan Wall Street English. Soal biaya, jangan khawatir. Lewat KoinPintar, KoinWorks ingin memfasilitasi Anda atau siapa saja yang berminat untuk mempelajari bahasa Inggris, dengan menyediakan metode pembayaran biaya pendidikan yang memungkinkan siswa untuk bisa mencicil biaya pendidikan pilihannya.

Jika Anda ingin mencuri ilmu dari para pengajar ahli dan bersertifikasi di English First, silakan baca syarat dan ketentuannya di sini. Jika ingin merasakan sendiri metode pembelajaran yang interaktif di Wall Street English, cari tahu selengkapnya di sini, ya.

We wish you great success in learning English!